#1 Daily Activity (27 Januari 2020)

Hallo guyss..
Welcome back to my blog.

        Hari ini adalah hari pertama kami masuk kitchen setelah pulang training dari industri selama 6 bulan.  Pertama kali masuk di kitchen mulai terasa berbeda, karena kampus dan industri mempunyai peraturan yang berbeda beda juga. Dan selama ditinggal 6 bulan kampus kami banyak perubahan di ruang teori maupun di kitchen praktek kami, banyak peralatan baru yang sebelumnya tidak ada,   dan juga ada tambahan LCD untuk mempermudah proses mengajar dikitchen.
       Seperti jadwal kuliah di teori, hari ini kami masuk kitchen mulai pukul 08:00 AM. Hari senin adalah hari prepare, dimana belum ada produk makanan keluar di restaurant. sebelum memulai prepare kami duduk di main kitchen untuk mendengarkan penjelasan Pak Ical selaku kepala lab. kitchen tentang spreadsheet blog untuk semester 2 dan 4. Selain itu menjelaskan tentang tata cara penginputan bahan yang dipakai.
      Setelah selesai, praktek hari ini di ambil alih oleh Kak Alkis selaku supervisor incharge di kitchen. Hari ini kami di bagi menjadi 4 kelompok, masing - masing kelompok akan memprepare Appetizer, Main Course dan Dessert, karena hari ini menu nya buffet maka main course nya ada berbagai macam. Menu buffet hari ini adalah celebes buffet, celebes buffet atau yang biasa dikenal dengan prasmanan khas sulawesi.
       Prasmanan atau buffet adalah cara penyajian makanan dalam pesta maupun restoran dengan meletakkan makanan pada meja panjang dan pengunjung mengambil sendiri menu yang diinginkan. Saya masuk di kelompok 1 dimana hari ini akan memprepare Appetizer yaitu peco doang dan jalangkote dan tambahan seperti acar, sambal tomat dan kerupuk, dan saya prepare peco doang dan jual jalangkote. (source : scribd.com pengertian buffet dan breakfast buffet (internet) 31 Januari 2012 [diakses 27 Januari 2020] )
        Saya membuat isian untuk jalangkote, preparean kami agak sedikit terlambat dikarenakan bahan-bahan seperti kentang, toge dll masih dalam perjalan ke kampus, jadi awalnya hanya memprepare wortel, telur rebus dan juga acar. Setelah bahan-bahan sudah datang, saya membantu untuk menyimpan baha-bahan di chiller, sedangkan teman saya yang lain melanjutkan preparean dikarenakan bahannya sudah datang.
      Setelah isian jadi, kami ke pastry untuk mengkalumping jalangkote, tetapi adonan jalangkote yang teman kami buat agak sedikit lembek seperti adonan untuk membuat panada, oleh karena itu kami membuat adonan yang baru dan hasilnya lebih baik dari sebelumnya. Untuk peco doang akan di buat besok, tetapi saya telah terlanjur saute jadi udangnya di simpan di chiller dan akan di lanjutkan esok hari.
      Setelah semuanya selesai, seperti biasa kami akan melakukan general cleaning, dan karena semester lalu saya tidak mendapatkan bagian menjadi steward maka hari ini giliran saya. Setelah general cleaning, kami oneline dan kegiatan hari ini ditutup dengan arahan singkat oleh pak ical.

ENGLISH VERSION
     Today is the our first day in the kitchen after returning from the industry for 6 months. For the first time kitchen feel so different, because the campus and industry have different rules. And during the 6 months left  campus, there are so much changed in theory room and in our practical kitchen, lots of new equipment that were not there before, and there was also an additional LCD to facilitate the teaching process in the kitchen.

     Like usual in theory class, today we come in the kitchen starting at 08:00 AM. Monday is the a prepare day ,where there are no food products coming out at the restaurant. before starting to prepare we sat in the main kitchen to listen to the explanation of Mr. Ical as head of the kitchen lab about blog spreadsheets for 2 and 4 semester. And explains about the procedures for inputing the materials used.
      After that, the practical in kitchen was taken over by Kak Alkis as the incharge supervisor. Today we are divided into 4 groups, each group will prepare Appetizer, Main Course and Dessert, because today the menu is buffet so there are so many main courses. Today's buffet menu is celebes buffet, celebes buffet or commonly known as Sulawesi buffet.
     I made the filling for jalangkote, our preparation was a little bit late because ingredients such as potatoes, sprouts etc. were still on the way to campus, so we only prepared carrots, boiled eggs and pickles. After the ingredients arrived, I helped to store the ingredients in the chiller, while another friend of mine continued to prepare because the ingredients had arrived.
     After the filling is done, we go to the pastry to 'kalumping' jalangkote, but the jalangkote dough is a little bit soft like the dough to make panada, so we make a new dough and the results are better than before. For peco doang, it will be made tomorrow, but I already saute the shrimp so i stored in the chiller and will be continued tomorrow.
     After everything is finished, as usual we will do general cleaning, and because last semester I didnt get a part to be a steward so today is my turn. After general cleaning, we are online and today's activity is closed with a brief direction by Pak ical.


     





Komentar

Postingan Populer