#2 Daily Activity (28 Januari 2020)

Haloo guys, welcome back to my blog
    Hari ini menunya masih sama dengan kemarin yaitu celebes buffet. Karena hari ini adalah hari produksi dan makanan akan keluar ke restaurant maka kami datang lebih awal yaitu pukul 07:00 AM. Kami datang lebih dahulu sebelum Kak Alkis datang, jam 7 pas kami langsung melanjutkan pekerjaan kemarin yang telah di prepare dihari sebelumnya. Setelah kak Alkis datang kami oneline dulu untuk mendengar arahan sekaligus pengabsenan.
    Lalu melanjutkan pekerjaan tadi, untuk appetizer hari ini bisa dikatakan berjalan dengan lancar sesuai ekspektasi karena hampir 90% sudah disiapkan kemarin. Hari ini saya menghandle Peco Doang, peco doang adalah makanan khas dari pulau sulawesi, nama makanan ini di ambil dari bahasa daerah setempat. Peco yang berarti ulek dan doang yang berarti udang. Jadi peco doang adalah sambel yang diulek bersama dengan udang dan di beri daun kemangi, tomat dan juga perasan jeruk nipis untuk menambah cita rasa.
      Disaat saya mengerjakan peco doang teman saya yang lain menggoreng jalangkote dan juga kerupuk untuk persiapan, Setelah selesai makanan yang tadi langsung di pindahkan ke dalam piring saji dan dikumpulkan di satu meja untuk selanjutnya akan di keluarkan di restaurant. Karena minggu ini sistemnya buffet bukannya ala carte maka kami tidak terlalu repot untuk memplating satu per satu di piring saji.
Jalangkote
Peco Doang
     Setelah semua menu keluar ke restaurant, maka kami melanjutkan untuk mempersiapkan menu buffet keesokan harinya, karena hari ini kelompok saya mendapatkan appetizer maka keesokan harinya kami akan menghandle soup, karena sistemnya ber rotasi setiap harinya. Besok adalah Indonesian Buffet. Menu indonesian buffet ada Dojang Nakeng dan Rujak Mie sebagai appetizer, soto, ada Soto Banjar dan Ikan Cuka sebagai Soup, Nasi Putih, Terong Santan,Plecing Sayur, Daging Rendang dan Ayam Bakar Taliwang sebagai Main Course, Doko-Doko dan Bubur Injin sebagai Dessert.
    Kelompok saya menghandle ikan cuka dan juga soto banjar. Kami membagi tugas, saya lebih menghandle ke soto banjar dibandingkan ikan cuka. Karena di Soto Banjar terdapat perkedel kentang dan ayam suir  sebagai pelengkap maka saya menyelesaikan perkedel kentangnya terlebih dahulu selagi menunggu ayam di thawed. Tidak ada kesusahan dalam membuat perkedel kentang karena makanan ini bisa dibilang bukan hal baru bagi saya dan teman-teman.
   Setelah itu saya merebus condiment ayam untuk soto banjar terlebih dahulu sebelum digoreng dan di suir. Setelah di rebus dan digoreng, kami istirahat terlebih dahulu sekaligus menunggu ayam tadi dingin dan barulah disuir. Setelah semua preperan kami selesai dan juga telah melakukan general cleaning maka hari ini sama seperti kemarin kegiatan ditutup oleh arahan singkat dari Pak Ical sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Perkedel kentang belum digoreng
Bumbu Putih untuk Soto Banjar
   

ENGLISH VERSION
     Today's menu still same as yesterday, which is the celebes buffet. Because today we'll finishing and the food will out to the restaurant so we came early at 07:00 AM. We came before Kak Alkis arrived, at 7 o'clock we immediately continued the work yesterday which had been prepared the day before. After our supervisor came, we first oneline and listen the directions and do the absensi.
     Then continue the work, for today's appetizer run smoothly according to our expectations because almost 90% had been prepared yesterday. Today I handle Peco Doang, peco doang is a typical food from the Sulawesi, the name of this food is taken from the local language. Peco which means 'ulek' or in english is grind in mortal and pestle and doang which means shrimp. So peco doang is sambal with shrimp, basil leaves, tomatoes and lime juice to add flavor.
      While I was doing peco doang my other friends finishing the jalangkote and frying kerupuk (like creckers). After finishing the food we plating in serving plate with buffet style and put in  at one table and so its make easy to outing at the restaurant.
    After all the menus out to the restaurant, we proceeded to prepare the buffet menu for the next day, because today my group got an appetizer so the next day we will handle the soup, because the system rotates every day. Tomorrow is Indonesian Buffet. Indonesian buffet menu includes Dojang Nakeng and Rujak Mie as appetizers,Soto Banjar and Ikan Cuka as Soup, Nasi Putih , Terong Santan, Sayur Plecing, Rendang and Ayam Taliwang as Main Course, Doko-Doko and Bubur Injin as Dessert
     My group handles ikan cuka and soto banjar. We divided the tasks, I handled Soto Banjar more than ikan cuka. Because in Soto Banjar there are perkedel  and chicken as a condiment so I finished the perkedel first while waiting for the chicken to be thawed. There is no difficulty in making perkedel because this food is not a thing for us.
    After that I boil the chicken condiment for soto banjar before frying it and 'pinch'. After boiling and frying, we rest first while waiting for the chicken to cool down and 'pinch' itAfter all of our prepare finished and had also done general cleaning, today same as yesterday, the activity was closed by a brief direction from Mr. Ical before returning to our home.

Thank for reading xoxo

Komentar

Postingan Populer