#7 Daily Activity (12 Februari 2020)

Hiii guyss welcome back.
    Kembali lagi saya akan menceritakan keseharian saya di kitchen, pagi ini kami akan melanjutkan celebes buffet, dan kelompok kami akan menghandle sop. Ada 2 menu sop di celebes buffet yaitu sop saudara dan sayur labu santan, tetapi sebelum melakukan kegiatan pagi ini kami terlebih dahulu mendengarkan arahan dari supervisor, melakukan pengabsenan sekaligus pemeriksaan alat seperti sendok, small knife, small book dan napkin.
     Setelah itu kami membuat kuah untuk sop saudara, kuahnya menggunakan brown beef stock dan bumbu yang telah diblender seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas, jintan, cabai merah dll. Bumbu tersebut terlebih dahulu di saute sampai kecoklatan sebelum di masukkan ke dalam stock lalu di simmer dan di beri rasa.
     Stock yang dimaksud disini bukan stock dalam artian persediaan, tetapi kaldu. Stock adalah cairan atau hasil rebusan tulang dan daging yang ditambahkan dengan mirepoix ( onion, carrot ,celery) dan baquet garnie sehingga ekstratnya keluar.
      Selagi stock di simmer, saya mengecek sayur labu santan untuk mengetahui progresnya sudah sampai dimana. Setelah itu saya menyiapkan condiment untuk sop saudara karena masih ada sisa bihun jalangkote kemarin jadi saya tidak merendam bihun dengan air tetapi langsung di tempatkan di container, memotong daun bawang dll.
      Karena proses menu celebes sudah 90% dan tidak memerlukan orang banyak untuk finishing, maka saya langsung menyiapkan untuk menu selanjutnya. Besok menunya ialah Oriental Buffet dan untuk pertama kalinya kelompok kami dapar dessert untuk rotasi ini. Menunya ada Tang Yuan kalau diindonesia namanya wedang ronde, Num Chak Kachan diindonesia bilangnya lapis beras dan Tang Zhong kami biasa menyebutnya roti maros.
     Saya menyiapkan Tang Yuan, terlebih dahulu membuat isiannya yaitu campuran wijen yang telah di roast dan gula yang diblender halus lalu di campurkan melted butter agar dapat dibentuk, setelah itu membuat adonannya yang terbuat dari tepung beras ketan dan air. Dan akan di bentuk besok dikarenakan tadi kami stop produksi lebih cepat.
     Setelah itu kami melakukan general cleaning dan kegiatan hari ini ditutup oleh pak ical.

                                      


ENGLISH VERSION

      Back again on my blog, as usual I will tell you my daily activity in the kitchen, this morning we will continue a celebes buffet, and our group will handle soup. There are 2 soup menus at the celebes buffet namely soup saudara  and sayur labu santan, but before doing this morning's activity we first oneline to listen a directions from the supervisor, doing absent  and checking tools like a spoon, small knives, small books and napkins.
    After that, we make soup saudara, the soup made by brown stock and spices blends like a shallots, garlic, candlenut, ginger, galangal, cumin, red chili etc. The spice is sauteed until browned before put in stock then simmer and seasoning.
     Stock is a liquid or a bone and meat stew added to mirepoix (onions, carrots, celery) and garnie baquet so that the extras come out.
     While stock in simmer, I check the pumpkin to find out where the progress has been. After that I prepared the condiment for soup saudara.
    Because the process menu is already 90% and doesn't require a lot of people to complete, I immediately prepare for the next menu. Tomorrow's menu is Oriental Buffet and for the first time our group is getting dessert for this rotation. The menu is Tang Yuan if in Indonesia it is called Wedang Ronde, Num Chak Kachan in Indonesia is a layer of rice cake (lapis beras) and Tang Zhong is commonly called Roti Maros
    I prepared Tang Yuan, making the filling first, which is a mixture of roasted sesame and blended sugar then mixed with melted butter, then making the dough made from glutinous rice flour and water.After that we did general cleaning and today's activities were closed by Pak ical.

Komentar

Postingan Populer